Tuesday, September 14, 2010

Memetik hikmah dari daun yang beserahkan 1

Ku buka jendela
Ku tatap rembulan
Ku saksikan keindahan malam
Bintang dengan terangnya
Rembulan dengan cahaya-nya
mengisi gelap nya malam


ku kirimkan pesan singkat tentang kisah anak manusia yang menjejaki langkah nya di bumi dengan penuh kesabaran dalam menjalani probelematika kehidupan.Dunia adalah ladang amal serta tempat para manusia di uji nilai kesabaran nya . Setiap manusia yang masih memilki hembusan nafas maka Allah akan menguji nya namum dalam ujian tersebut Allah mempunyai maksud tertentu sehingga ujian adalah suatu bekal untuk kita menuju kehidupan akhirat , jadikanlah setiap masalah dan musibah sebagai ladang ibadah sehingga setiap masalah yang yang di alamtkan kita dalam hidup ini bisa kita jadikan hikmah di setiap peristiwa yang terjadi sehingga kita hanya bisa memetik hikmah yang ada bagaikan daun yang beserahkan .
Setiap manusia di kehidupan yang fana ini masing-masing sudah di takdirkan Allah Subhanahu wa Ta'ala sehingga sich miskin di uji dalam rezeki dan kebutuhan nya serta yang kaya di uji dalam kepedulian nya jadi masing -masing sudah memiliki ujian sehingga bagaimana agar saya , anda bisa menjalankan ujian dari Allah . ketahuilah sesungguhnya Allah itu maha adil dan maha penyayang sehingga ia berikan manusia musibah namun ia berikan pula sebuah organ di dalam tubuh manusia yaitu otak , dan otak ini agar manusia bisa berfikir dalam menjalani kehidupan yang ada sehingga Allah memberi pemikiran kepada manusia akhir nya setiap manusia yang mendapatkan musibah insya Allah akan terselesaikan karena di bantu oleh pemikiran untuk mencari jalan keluarnya namun terkadang manusia tidak menyadari hal itu , sehingga sebagian manusia banyak yang depresi bahkan banyak yang tidak sanggup menjalani ujian nya sehingga ia bunuh diri , di karenakan manusia tersbut tidak menyelesaikan nya dengan pemikiran yang ia miliki serta kesabaran dalam menjalani probelematika kehidupan .
Hasan al-bashri berkata : Sesungguhnya setiap manusia memilki kesedihan dan kesenangan , maka bersabarlah apabila sedang mendapatkan musibah dan bersyukurlah apabila sedang medapatkan kesenangan.
Namun di sini saya ingin meceritakan kisah seorang manusia yang memiliki kehidupan yang penuh dengan tangungan atas kebutuhan keluarga nya sehinga anak tersebut harus banting tulang untuk menghidupi kedua adiknya serta ibunya . karena ibunya sudah di ceraikan dengan ayahnya pada tahun 1998 , setelah perpisahan ibu nya dengan ayahnya maka ibunya hanya mengadalkan anak laki -laki nya yang bernama helmi , setelah perpisahan ibunya dan ayahnya kehidupan keluarga nya begitu sangat sulit tetapi seorang hamba ini tak pernah menyerah untuk menghadapi kenyataan yang ia hadapi di kehidupan nya saat ini , sehingga hanya jiwa seorang ibu yang penuh kasih sayang yang memberikan nasihat agar anaknya bisa menjadi orang yang bersabar di kalla ujian menghampiri kehidupannya .
Ujian yang hadir dalam kehidupan nya bertubi-tubi .Sedangkang di saat ujian itu datang bertubi-tubi seorang ibu hanya bisa berserah diri kapada Allah bahwa ia sadar ia hanya bagaikan sepihan debu di hadapan Allah sehingga ia meminta pertolongan nya dalam munajat nya di setiap lembar sejadah da;am sujudnya nya , ketahuilah seorang ibu ini pekerjaan nya hanya tukang pencuci baju , sehingga dalam pekerjaan yang ia geluti sekarang ini ia ingin mencotohkan kepada anak nya , bukan berarti anak nya di suruh pekerja tukang cuci baju tetapi mencotohkan perkerjaan yang halal walaupun hanya mendapatkan gazi yang tidak layak namun ibu ini tetap berusaha mencotohkan kepada anak nya agar anak-anak nya bisa mencari kerja yang halal walaupun itu harus bekerja keras dan mendapatkan upah gazi yang kecil namun berkah untuk kehidupan nya , sehingga terucaplah perkataan seorang ibu pada malam itu sehingga anak laki-laki nya hanya bisa berdiam diri namun dari sifat pendiam nya di saat di berikan nasihat yang telah di berikan pada ibu nya malam itu sehingga tersimpan ucapan yang telah di sampaikan oleh ibunya sehingga apa yang telah di ucapankan ia laksanakan , sehingga pada akhirnya anak itu mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan IT , di wilayah glodok .

Sehingga anak tersebut bekerja dengan tekun serta jujur sehingga ia mengikuti berjalan nya waktu . siang menjadi malam begitu juga perjalanan kehidupan nya yang berputar.. memasuki 4 bulan bekerja ia mendapatkan panggilan siang itu pada bos nya , sehingga dari kedalaman hati ia bertanya-tanya ." Ada apakah ini ?? sehingga bertanya sendiri menjawab sendiri , namun hatinya mengatakan mudah-mudahan saja mendpatkan kabar baik . namun ketika sudah jam istirahat anak ini di panggil oleh pimpinan nya sehinga anak ini pun langsung bergegas untuk menghadap nya .

Sehingga percakapan siang itu pun sungguh sangat serius anatara anak buah dan pimpinan , setelah berbincang basa-basi , pimpinan nya langsung mengajak nya berbicara lebih serius mengenai ia di panggil , sehingga pimpinan nya mengatakan kepada Helmi seperti ini : Allah menciptakan lautan yang sangat luas , manusia di beri pemikiran pada Allah untuk berfikir maka terjadilah seorang anak manusia yang mampu bisa membuat k-val laut sehingga k-val tersebut bisa berjalan di lautan , namun saat ini k-val ini sedang mengalami kerusakan sehingga k-val laut ini tak lama lagi tenggelam , sehingga penumpang nya pun akan di keluarkan secepat nya dari k-val laut tersebut agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan ..

jadi seperti ini mas helmi . perusahaan yang sedang kami kelola sedang keadaan terpuruk dalam masalah keuangan sama seperti k-val itu yang ingin tenggelam maka penumpang nya pun harus di keluarkan sama seperti perusahaan saat ini karena perusahaan kita sedang mengalami penurunan jual -beli nya maka kami pun akan secepatnya PHK mas helmi dalam waktu dekat ini ' Ucap bos nya ' .


Helmi hanya bisa berkata dalam hati . Ya Allah mengapa engkau limpakan aku dengan masalah yang bertubi-tubi apakah aku tidak boleh membahagiakan keluarga ku ' Ucap nya dalam jiwa kesedihan '

sedangkan ia tak berani membicarakan masalah tersebut kepada ibu nya , sehingga dalam beberapa waktu ia membohongi ibu nya , namun dalam berjalan nya waktu ia tak ingin terus -menueus membohongi ibu nya sehingga ia pun harus jujur kepada ibu nya mengenai masalah ini . setelah ia sampai di kediaman rumah nya ia langsung memberi tau masalah yang terjadi kepada diri nya , sehingga ia pun taku-takut dalam menyapaikan ucapan nya pada ibu .. sehingga ada dorongan magnet dari hati sehingga terucaplah kata-kata tersebut kepada ibu nya sehingga ia pun menanggis karena ia takut keluarga nya sengsara , namun disini peran ibu sangat di butuhkan sehingga terucaplah nasihat seorang ibu kepada anak nya sehingga ia berkata : bersabarlah anaku karena Allah selalu bersama orang-orang yang bersabar , mungkin saja ini teguran dari Allah untuk kita , karena saat ini kita sering melalaikan hak-hak Allah sehingga Allah menguji kita dalam keadaan seperti ini . jadi terimalah dengan lapang anaku serta tingakatkan ibadah kita dan ketaqwaan kita pada Allah , sehingga Allah terlah berjanji kepada hamba nya yang bertaqwa .


Sebagian orang mengatakan ya anakku " orang yang bertakwa itu tidak pernah merasa fakir ( miskin atau merasa kekurangan ) sama sekali " lalu anak tersebut bertanya , " Mengapa bisa seperti itu ibu ? ' Ia menjawab dengan tegas , " karena Allah Ta'ala berfirman : " Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tiada di sangka-sangka ( QS .Ath Tholaq 2-3 )"

No comments: